Senin, 18 Juli 2016

RANGKUMAN METODE INKUIRI

METODE INKUIRI


Nama : Friescha Azizatun Nisa
Dosen : Lestariningsih, S.Pd., M.Pd.
STKIP PGRI Sidoarjo

1.         Pengertian Inkuiri
Mengidentifikasikan pembelajaran berbasis Inquiry , sama dengan mengidentifikasikan pendekatan multidimensi atau metode yang mengajak peserta didik untuk memecahkan masalah yang ada dalam soal . Kata inquiry sendiri sering kali ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan kata inkuiri. Menurut Trianto (2007) kata inquiry, mengandung arti pertanyaan, atau pemeriksaan, ikut serta atau terlibat dalam mengajukan pertanyaan – pertanyaan, mencari informasi, dan melakukan penyelidikan. Demikian juga pengertian yang dikemukakan oleh Wahyudin (2008) bahwa to inquire mempunyai makna yang sama sebagaimana dikemukakan Trianto. Sund yang dikutip Trianto (2007) dari Suryosubroto (1993) menyatakan bahwa discovery merupakan bagian dari inquiry, atau dengan kata lain inquiry merupakan perluasan proses discovery. Pembelajaran inkuiri ini bertujuan untuk memberikan cara bagi siswa untuk membangun kecakapan – kecakapan intelektual (kecakapan berpikir) terkait dengan proses – proses berpikir reflektif.
Pengertian lainnya dikemukakan oleh (Schmidt, 2003) bahwa inquiry adalah suatu proses untuk memperoleh dan mendapatkan informasi dengan melakukan observasi dan eksperimen untuk mencari jawaban atau memecahkan masalah terhadap pertanyaan atau rumusan masalah dengan menggunakan kemampuan berpikir kritis dan logis. Jadi disini guru berkewajiban menggiring peserta didik untuk melakukan kegiatan, kadangkala guru perlu memberikan penjelasan, melontarkan pertanyaan, memberikan komentar, dan saran kepada peserta didik.
Sasaran utama kegiatan pembelajaran inkuiri ini adalah :
1)    Ketertiban siswa secara maksimal dalam proses kegiatan belajar;
2)   Keterarahan kegiatan secara logis dan sistematis pada tujuan pembelajaran;
3)   Mengembangkan sikap percaya pada diri siswa tentang apa yang di temukan dalam proses inkuiri
2.        Asumsi dan Tujuan
Inkuiri mengasumsikan bahwa sekolah berperan sebaik mungkin untuk mempermudah pengembangan diri sendiri (self development). Oleh karena itu, inkuiri sebagian besar bersifat berpusat pada siswa, menurut supaya para siswa ikut serta secara aktif dalam pembelajarannya (Wahyudin, 2008). Lebih lanjut, dijelaskan bahwa inkuiri melibatkan unsur – unsur search surprise, dan sifat ini menjadikannya bersifat sangat memotivasi siswa.
Tujuan umum inkuiri adalah membantu siswa mengembangkan disiplin intelektual dan keterampilan yang mempuni untuk meningkatkan pertanyaan – pertanyaan dan pencarian jawaban yang terpendam dari rasa keingintahuan mereka. Suchman (Joyce, dkk, 2009) tertarik membantu siswa meneliti secara mandiri, tetapi dalam cara yang disiplin. Dalam hal ini Suchman merumuskan teori sebagai berikut;
1.     Siswa meneliti secara ilmiah ketika mereka sedang menghadapi persoalan (kebingungan).
2.    Mereka dapat sadar dan belajar menganalisis strategi – strategi berpikirnya.
3.    Strategi – strategi berpikir baru dapat diajarkan secara langsung dan dapat ditambahkan pada strategi yang telah dimiliki siswa sebelumnya.
4.    Penelitian kooperatif dapat memperkaya pemikiran dan membantu siswa belajar tentang ketidaksemestian, sifat pengetahuan yang selalu berkembang, dan menghargai penjelasan alternatif.
3.        Jenis metode inquiry
a. Invitation into inquiry
Model inkuiri jenis ini melibatkan siswa dalam proses pemecahan masalah dengan cara – cara yang lazim ditempuh para ilmuan. Suatu undangan (invitation) memberikan suatu problem kepada para siswa dan melalui pertanyaan masalah yang telah direncanakan dengan hati – hati mengundang siswa untuk melakukan beberapa kegiatan seperti;
a) Merancang eksperimen,
b) Merumuskan hiotesis,
c) Menentukan sebab akibat,
d) Menginterpretasikan data,
e) Membuat grafik,
f) Menentukan peranan diskusi dan kesimpulan dalam merencanakan penelitian, dan
g) Mengenal bagaimana kesalahan eksperimental mungkin dapat dikurangi atau di perkecil.
b. Pictorial riddle
Model ini merupakan metode mangajar yang dapat mangembangkan motivasi dan minat siswa dalam diskusi kelompok kecil atau besar, gambar peragaan, atau situasi sesungguhnya dapat digunakan untuk meningkatkan cara berpikir kritis dan kreatif para siswa, biasanya suatu riddle (teka-teki atau puzzle) berupa gambar di papan tulis, poster, atau diproyeksikan dari transparansi atau power point, kemudian guru menjelaskan pertanyaan yang berkaitan dengan riddle itu.
c. Synectics lesson
Model ini memusatkan keterlibatan siswa untuk membuat berbagai macam bentuk kiasan supaya dapat membuka intelegensinya dan mengembangkan kreativitasnya. Hal ini dapat dilaksanakan karena kiasan dapat membantu siswa dalam berpikir untuk memandang suatu problema sehingga dapat menunjang timbulnya ide – ide kreatif.
d. Value clarification
Pada model pembelajaran inkuiri jenis ini siswa lebih difokuskan pada pemberian kejelasan tentang suatu tata aturan atau nilai – nilai pada suatu proses pembelajaran.
4.        Langkah – langkah pembelajaran inkuiri
Langkah – langkah proses inkuiri berupaya menyadarkan keingintahuan terhadap sesuatu, mempradugakan suatu jawaban, serta menarik kesimpulan dan membuat keputusan yang valid untuk menjawab permasalahan yang didukung oleh bukti – bukti. Berikutnya adalah menggunakan kesimpulan untuk menganalisis data yang baru (Mulyasa, 2005). Strategi pelaksanaan inkuiri adalah;
1. Guru memberikan penjelasan, intruksi atau pertanyaan terhadap materi yang akan di ajarkan;
2. Memberikan tugas kepada peserta didik untuk menjawab pertanyaan;
3. Guru memberikan penjelasan terhadap persoalan- persoalan yang mungkin membingungkan peserta didik;
4. Resitasi untuk menanamkan fakta – fakta yang telah dipelajari sebelumnya;
5. Siswa merangkum dalam bentuk rumusan sebagai kesimpulan yang dapat dipertanggung jawabkan (Mulyasa, 2005)
Sanjaya (2008) juga menyatakan bahwa pembelajaran inkuiri mengikuti langkah – langkah sebagai berikut.
1. Orientasi
Pada tahap ini, guru melakukan langkah untuk membina suasana atau iklim pembelajaran yang kondusif.
2. Merumuskan masalah
Merumuskan masalah merupakan langkah membawa siswa pada suatu persoalan yang mengandung teka – teki.
3. Merumuskan hipotesis
Hipotesis adalah jawaban sementara dari suatu permasalahan yang dikaji.
4. Mengumpulkan data
Mengumpulkan data adalah aktivitas menjaring informasi yang dibutuhkan untuk menguji hipotesis yang diajukan.
5. Menguji hipotesis
Menguji hipotesis adalah menentukan jawaban yang dianggap diterima sesuai dengan data atau informasi yang diperoleh berdasarkan pengumpulan data.
6. Merumuskan kesimpilan
Merumuskan kesimpulan adalah proses mendeskripsikan temuan yang diperoleh berdasarkan hasil pengujian hipotesis.
5.        Kelebihan dan Kekurangan
a.    Kelebihan
·      Dapat membentuk dan mengembangkan konsep dasar kepada siswa sehingga siswa dapat mengerti tentang konsep dasar ide-ide dengan lebih baik.
·      Mebantu dalam menggunakan ingatan dan transfer pada situasi proses belajar yang baru.
·      Situasi pembelajaran lebih menggairahkan.
·      Dapat mengembangkan bakat dan kecakapan individu.
·      Memberi kebebasan siswa untuk belajar sendiri.
b.    Kekurangan
·      Memerlukan waktu yang cukup lama.
·      Tidak semua materi pelajaran mengandung masalah.
·      Memerlukan perencanaan yang teratur dan matang.
·      Tidak efektif jika terdapat beberapa siswa yang pasif.
6.        Ciri – ciri metode inquiry
·        Strategi inquiri menekankan kepada aktivitas siswa secara maksimal untuk mencari dan menemukan, artinya pendekatan inquiri menempatkan siswa sebagai subjek belajar.
·        Seluruh aktivitas yang dilakukan siswa diarahkan untuk mencari dan menemukan sendiri dari sesuatu yang dipertanyakan sehingga diharapkan dapat menumbuhkan rasa percaya diri.

·        Tujuan dari metode inquiri adalah mengembangkan kemampuan intelektual sebagai bagian dari proses mental.

1 komentar:

  1. Top 10 best casinos in Las Vegas for real money - DrmCAD
    Casinos like the Golden Nugget and 광양 출장마사지 Harrah's, with plenty of 김천 출장샵 slots and table 1xbet app games, For a better example, you 경상북도 출장샵 can get your 춘천 출장샵 free play bonus for

    BalasHapus